"Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara"
Deskripsi Umum Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran fisika menggunakan model Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran konvensional. Sampel penelitian yang digunakan berasal dari dua kelas yang setara dengan satu kelas sebagai kelas eksperimen dan satu kelas lainnya sebagai kelas kontrol di peserta didik kelas VIII. Data yang dikumpulkan berupa tes essay yang kemudian dianalisis secara deskriptif dan MANOVA satu jalur.
Analisis Statistik
Uji MANOVA dilakukan untuk menunjukkan apakah terdapat perbedaan pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah antara kelas eksperimen menggunakan CTL dan kelas kontrol menggunakan model konvensional dalam pembelajaran Fisika. Berikut hasil uji MANOVA:
Comments
Post a Comment