"Identifying Taiwanese University Students' Physics Learning Profiles and Their Role in Physics Learning Self-Efficacy"
Deskripsi Umum Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi profil pembelajaran fisika dalam kaitannya dengan tiga konsepsi kunci pembelajaran fisika dikalangan mahasiswa Taiwan dan menguji self efficacy belajar fisika mahasiswa Taiwan dengan profil belajar fisika yang berbeda. Instrumen yang digunakan adalah Physics Learning Profilr (PLP) dan Phiysics Learning Self Efficacy (PLSE). Metode pengambilan data menggunakan kuesioner terbuka. Penelitian ini melibatkan 97 mahasiswa jurusan fisika dari beberapa universitas di Taiwan (79 laki-laki dan 18 perempuan).
Deskripsi Novelty
Penelitian ini berdasar isu kritis yang sebelumnya membahas tentang pengalaman yang timbul pada pebelajar seperti konsepsi pembelajaran atau efikasi diri akademik. Dilakukanlah penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh profil belajar dan self efficacy pada pembelajaran fisika.
Analisis Statistik
Analisis ANOVA
Adanya perbedaan kelompok yang digunakan pada penelitian ini (kelompok PLP dan kelompok PLSE) maka dianalisis perbedaan klaster tersebut untuk mengetahui tingkat signifikansinya menggunakan uji analisis ANOVA.
Berdasarkan gambar, didapatkan hasil:
- Kelompok 1 memiliki model belajar fisika untuk persiapan tes dan melibatkan manipulasi rumus serta persamaan fisika (ditunjukkan dengan M=1,44 dan 1,84).
- Kelompok 2 cenderung menganggap belajar fisika tidak hanya sebatas menghitung tetapi juga sebagai capaian pemahaman konsep dan pengetahuan fisika.
- Kelompok 3 lebih menekankan pembelajaran fisika sebagai pemahaman makna secara mendalam dan tidak menekankan pada persiapan ujian serta perhitungan.
Comments
Post a Comment