"The Effectiveness of Guided Inquiry with Mind Mapping to Improve Science
Process Skills and Learning Motivation"
Deskripsi Umum Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model inkuiri terbimbing dengan mind mapping untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan motivasi belajar peserta didik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IV sebanyak 33 untuk kelas kontrol dan 35 kelas eksperimen di SDN Krobokan Semarang.
Deskripsi Novelty
Keterbaruan yang ditimbulkan disini adalah penggunaan mind mapping sebagai pendukung pembelajaran inkuiri terbimbing yang diharapkan dapat membuat pembelajaran menjadi lebih efektif sehingga peserta didik dapat memahami pengetahuan.
Analisis Statistik
Berdasarkan tabel pada tahap pre-test didapatkan nilai t-hitung < t-tabel dengan tingkat signifikansi 0.05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Pada tahap post-test didapatkan nilai t-hitung > t-tabel dengan tingkat signifikansi 5% maka Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kelas kontrol.
Berdasarkan tabel pada tahap pre-test didapatkan nilai t-hitung < t-tabel dengan tingkat signifikansi 0.05 maka Ha ditolak dan Ho diterima. Pada tahap post-test didapatkan nilai t-hitung > t-tabel dengan tingkat signifikansi 5% maka Ha diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata kelas kontrol.
Didapatkan hasil uji yang menunjukkan hubungan sangat kuat antara keterampilan proses sains dengan motivasi belajar peserta didik yang ditunjukkan dari nilai uji sebesar 0,938 dengan tingkat signifikansi 1% dan arah hubungan yang positif.
Comments
Post a Comment