sumber: link artikel
Deskripsi Umum Penelitian
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model Virtual Classroom Critical Thinking (VC2T) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Model ini merupakan pengembangan dari model pembelajaran inkuiri dan campuran (Blended Learning) yang disesuaikan kondisi saat ini untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Melalui pengembangan ini didapatkan 6 langkah, yaitu orientasi masalah, perumusan masalah, diskusi, analisis, hasil diskusi, dan refleksi. Model VC2T dirancang berdasarkan teori Plomp dan Nieveen yang kemudian divalidasi oleh 3 orang ahli pendidikan fisika. Penelitian dan pengembangan ini diimplementasikan kepada 33 peserta didik SMA di Surabaya.
Deskripsi Novelty
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan model pembelajaran inkuiri dan blanded learning yang dapat meningkatkan berpikir kritis pada masa pandemi Covid-19. Pada penelitian sebelumnya didapatkan hasil bahwa model inkuiri belum diterapkan dengan menggunakan teknologi dan ilmu komunikasi (TIK), belum bisa melatih peserta didik untuk berpikir dan bekerja atas inisiatif sendiri serta belum memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk belajar sesuai gaya belajarnya. Untuk memenuhi keterbatasan tersebut, peneliti memperbaharui dengan mengembangkan penelitian menggunakan pengajaran online jarak jauh untuk melatih berpikir kritis dengan model blended learning dan mengkombinasikan dengan model inkuiri untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada pelajaran fisika di era pandemi Covid-19.
Analisis Uji Validitas dan Reliabilitas
- Uji Validitas
- Reliabilitas
Reliabilitas dihitung menggunakan presentase setuju dan dinyatakan reliabel jika presentase setuju lebih besar sama dengan 75%. Perhitungan reliabilitas menggunakan rumus:
Comments
Post a Comment