"The Integration of Fund of Knowledge in the Hybridization Cognitive Strategy to Enhance Secondary Students’ Understanding of Physics Optical Concepts and Remediating Their Misconceptions"
Deskripsi Umum Penelitian
Penelitian ini ditujukan untuk meningkatkan pemahaman dan memperbaiki kesalahpahaman peserta didik pada mata pelajaran fisika materi optik. Penggunaan strategi kognitif hybrid yang dianggap sebagai inovasi dalam kegiatan belajar mengajar untuk mendorong proses belajar yang aktif sehingga dapat meningkatkan kemampuan mengingat dan menalar dengan lebih baik. Materi fisika optik dipilih karena optik adalah dasar untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari konsep-konsep lain. Sampel penelitian terdiri dari 127 peserta didik sekolah menengah teknik yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok pembanding.
Deskripsi Novelty
Penelitian ini berdasar dari hasil pemahaman konsep peserta didik yang berbeda dari para ilmuwan yang menyebabkan penjelasan suatu fenomena tidak berpedoman pada prinsip dan hukum yang benar. Oleh sebab itu peneliti menggunakan strategi kognitif hybrid untuk membantu peserta didik memahami konsep sekaligus dapat digunakan sebagai alat memperbaiki kesalahpahaman khususnya pada materi optik.
Analisis Prasyarat
- Uji Normalitas
- Uji Homogenitas
Berdasarkan hasil analisis skor pre-test (tabel 10.2) dari kedua kelompok menunjukkan tidak ada perbedaan yang signifikan secara statistik dan berdasarkan hasil uji ANOVA One-way (tabel 10.3) diperoleh sig > 0.05 yang artinya peserta didik pada kedua kelompok adalah homogen.
- Uji Linieritas
Berdasarkan pengujian menggunakan ANOVA two-way untuk mengeksplorasi dampak strategi pengajaran dan tingkat kognitif terhadap nilai post-test didapatkan bahwa strategi pengajaran dan peningkatan kognitif yang linier karena sig>0.05, strategi pengajaran pada pemahaman konseptual tentang konsep optik yang nonlinier karena sig<0.05.
Comments
Post a Comment